[TIPS] Ramadan Ekstra: Belanja Hemat Selama Ramadan di Tokopedia*

Belanja Hemat Selama Ramadan di Tokopedia | Hola Darla
Alhamdulillah yaa gak kerasa Ramadan udah di depan mata. Ramadan kali ini  bakal jadi Ramadan luar biasa buat aku dan suami, karna insyallah di pertengahan Ramadan ini kami akan resmi menyandang gelar Ibu dan Ayah! Sedikit deg-degan juga nih karna sebelumnya emang gak pernah menjalani Ramadan dalam keadaan hamil. Jadinya Ramadan kali ini bakal jadi Ramadan Ekstra: ekstra ibadahnya, ekstra juga belanjanya (karna kan harus nyiapin keperluan buat si Ramadhana Kecil juga, hehehehe...)

Nah, berhubung perut udah semakin membesar dan mobilitas udah semakin terbatas, belanja online jadi pilihan terbaik buatku. Dan di mana lagi belanja online yang mantep buat Ramadan Ekstra kalo bukan di situs e-commerce langganan tercinta: Tokopedia! Eh tapi kalian suka ngerasa gak sih kalo selama Ramadan itu kita cenderung suka lebih boros dari biasanya? Kadang kita suka 'laper mata' dan kalap belanja, apalagi kalo belanjanya belanja online. Kadang suka enak aja main klik 'tambahkan ke keranjang', eh taunya pas checkout jeng jeng jeng~ over budget (atau aku doang nih yang kayak gini? Hahahaha!)

Untuk Ramadan Ekstra tahun ini, aku sebisa mungkin mau menerapkan tips belanja online hemat kebutuhan bulan Ramadan Ekstra di Tokopedia seperti berikut ini:



Buat skala prioritas
Buat daftar apa aja yang mau kita beli, terus tentuin skala prioritasnya. Gak usah buru-buru pengen klik checkout. Menurut pengalamanku pribadi nih, sebaiknya setelah bikin daftar belanja dan diurutkan sesuai skala prioritas, kita kasih jeda dulu satu atau dua hari. Biasanya dengan jeda seperti itu kita akan lebih menyadari mana aja barang yang bener-bener kita butuhkan dan inginkan dan yang mana barang yang sekedar 'laper mata'.

Bandingkan harga setiap toko online di Tokopedia
Ada banyak banget toko online berkualitas di Tokopedia, jadi kita bisa dengan mudah membandingkan harga berbagai produk kebutuhan. Cukup cari produk yang dibutuhkan, ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Untuk menghemat pengeluaran belanja online saat Ramadan, cukup pilih produk yang harganya tepat dan spesifikasinya pas.

Pilih produk berkualitas dari kreator lokal
Untuk membuat Ramadan Ekstra, gak harus selalu pake barang branded dengan harga selangit loh ya... Tokopedia, e-commerce dengan produk terlengkap, punya koleksi berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Kita bisa mengemat pengeluaran belanja kita di bulan Ramadan dengan memilih produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing tapi dengan harga yang lebih miring.

Cari toko online terdekat
Saat berbelanja online, komponen biaya yang gak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Pilihlah toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir berlebihan. Di Tokopedia, kita dapat mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga kita bisa memilih toko online dengan lokasi terbaik.

Pilih cara pembayaran yang tepat
Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia adalah dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat kita gunakan mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, kartu debit online, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan pastinya bisa menghemat pengeluaran saat berbelanja online.

Pilih metode pengiriman paling efisien
Untuk pengiriman barang yang kita beli, Tokopedia menyediakan beberapa alternatif pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional (jasa ekspedisi) hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dalam memilih metode pengiriman ini, kita dapat membandingkan biaya ongkos kirim terbaik di antara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online kita.

Manfaatkan promo dan diskon
Promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran kita dalam berbelanja online. Di bulan Ramadan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Dengan rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan yang bisa kita gunakan untuk buat Ramadan kali ini makin Ekstra.

Makin Ekstra lagi, masih ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia yang bakal bikin Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Kayak festival belanja online “Black Friday”, kejutan apa yang bakal bikin pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih spesial?

Kalo aku sih pengennya tanggal 25 Mei nanti itu Tokopedia ngasih promo gratis ongkir tanpa minimal pemesanan soalnya aku suka bete kalo udah seneng dapet harga miring eh masih harus nambah ongkir. Hehehehe...

Kalo kamu pengennya Ramadan Ekstra ini seperti apa?

Tokopedia Ramadan Ekstra - Hola Darla


unsplash-logoIgor Ovsyannykov

Dara | Bloglovin' | Instagram | Twitter | Facebook

Labels: , , , , ,