[TIPS] Hindari Kesalahan Belanja Ini Saat Promo Ramadhan 2018*

18 Apr 2018

Shopping Cart by Alexandru Tugui on Unsplash | Hola Darla
Membeli barang atau belanja sudah menjadi aktivitas biasa yang dekat sekali dengan keseharian kita, terutama kaum hawa. Melihat bulan Ramadhan hampir tiba, tentunya di bulan penuh berkah ini kegiatan belanja juga harus dilakukan terutama untuk kebutuhan pokok. Mendekati bulan Ramadhan, promo Ramadhan 2018 pun akan banyak tersedia untuk kita. Jadi jangan lewatkan kesempatan ini untuk bisa membeli kebutuhan dengan harga miring.

Promo khusus untuk bulan Ramadhan kini sudah mulai banyak dibuka. Tak hanya bisa belanja di supermarket saja, namun kita juga bisa belanja dari situs belanja online. Saat ini belanja secara online sudah jadi bagian dari gaya hidup. Untuk hadapi promo bulan Ramadhan, kita bisa memulai untuk browsing sebelum hari promonya tiba. Kita bisa mulai dengan kumpulkan kode voucher lebih dulu di mana biasanya sudah ada banyak sekali promo untuk belanja lebih. Selain itu jangan lupa untuk perbanyak referensi kita dalam berbelanja. Lakukanlah riset kecil di mana toko yang ingin kita tuju besok sehingga bisa langsung menuju ke toko tersebut.

Biasanya adanya promo menjadikan banyak orang kalap belanja. Inilah yang menjadi kesalahan utama dalam berbelanja sehingga menyebabkan pemborosan. Namun ada juga beberapa kesalahan lain yang kerap menjadikan orang boros dalam belanja saat promo, diantaranya:



Tidak memiliki catatan dan tanpa anggaran jelas
Dalam menghadapi bulan Ramadhan memang kita akan sangat banyak sekali kebutuhan. Untuk itulah kita butuh sekali catatan belanja dan juga anggaran belanjanya. Biasanya anggaran belanja ini banyak disepelekan, padahal banyak manfaatnya. Jika kita belanja tanpa catatan, biasanya kita justru memprioritaskan keinginan kita lebih dulu dibanding kebutuhannya. Kadang setelah uang habis, baru kita sadar jika kebutuhan belum terbeli. Sudah berapa kali kejadian seperti ini terjadi?

Memakai kartu kredit
Promo Ramadhan 2018 akan bisa menguntungkan jika kita menggunakan kartu kredit. Memang pernyataan ini benar adanya karena ketika menggunakan kartu kredit, kita akan mendapatkan berbagai macam keuntungan dan juga tambahan bonus. Namun jangan sampai lupa jika kartu kredit juga bisa jadi jebakan tersendiri jika kita lepas kontrol. Kartu kredit pun karena kemudahannya ini menjadikan banyak orang gesek sana gesek sini sehingga hutang pun menumpuk.

Tidak teliti baca diskon
Diskon dengan angka tertentu memang menggoda, terlebih jika angka diskonnya sangat besar. Namun perhatikan kembali apakah angka diskon itu benar adanya atau tidak, sesuai syarat dan ketentuan atau tidak. Misal saja diskon 70% akan berbeda dengan diskon 40% + 30%. Jadi cobalah untuk hitung menghitung kembali jika kita melihat angka diskonnya.

Buru-buru belanja
Promo dan diskon memang memberikan tekanan tersendiri untuk konsumen belanja dalam waktu yang cepat sehingga buru-buru belanja. Namun jika belanja dengan buru-buru, maka resikonya adalah barang yang didapat tak berkualitas baik, barangnya ternyata tak dibutuhkan dan resiko pemborosan lainnya. Inilah alasan mengapa konsumen harus teliti, cermat dan tidak buru-buru.

Itulah beberapa tips hadapi promo Ramadhan 2018 dengan lebih bijaksana. Mungkin menahan diri untuk tidak belanja dengan boros sangatlah susah, namun tentunya kita harus bisa menahan hasrat untuk boros tersebut. Belanja online atau belanja di supermarket, sebetulnya sama saja. Yang jelas penghematan ketika bulan Ramadhan harus dilakukan karena banyak sekali kebutuhan yang harus kita penuhi.

Image via.

Dara | Bloglovin' | Instagram | Twitter | Facebook

Post a Comment

Comments are welcome :)