Mengenal Lebih dalam Tentang Blazer Wanita*

4 Mar 2017

Tampil cantik serta menawan bagi seorang wanita adalah sebuah hal yang sudah seharusnya dilakukan dalam segala situasi, baik formal maupun informal. Dengan tampil menawan, para wanita akan lebih memiliki rasa percaya diri yang tinggi, sehingga performa dalam segala kegiatan mereka dapat memperoleh hasil yang optimal. Salah satu cara agar dapat tampil menarik adalah dengan memperhatikan gaya berbusana mereka dalam segala suasana, baik untuk moment formal maupun informal. Blazer wanita sebagai salah satu busana formal wanita, agaknya dapat menjadi pilihan yang tepat ketika seorang wanita sedang bekerja. Meskipun blazer sangat cocok digunakan sebagai busana kerja, namun dalam pengaplikasiannya tetaplah membutuhkan perhatian khusus agar dapat membuat penggunanya tampil lebih menarik.



Blazer merupakan jas atau jaket yang berbahan ringan dan mempunyai bentuk mengikuti lekuk tubuh wanita. Pada awal mula penemuannya blazer terbuat dari bahan flannel dengan corak garis berukuran sedang dan kecil. Seiring dengan berkembangnya waktu, kini blazer mulai mengalami banyak inovasi mulai dari bahan pembuatan, model hingga jenis peruntukkannya. Jika dahulu Kita hanya mengenal blazer sebagai sebuah jas kerja bagi seorang wanita, kini blazer telah mengalami berbagai inovasi yang menjadikannya sebagai busana wanita dalam segala suasana.

Berikut ini beberapa jenis blazer wanita, berdasarkan bahan, jenis dan peruntukkan blazer itu sendiri, yang antara lain adalah:

  • Blazer model cardigan, merupakan blazer dengan bentuk formal dan pada umumnya banyak digunakan oleh seorang wanita sebagai busana kerja.
  • Blazer dengan model klasik, merupakan blazer dengan model blazer yang banyak digunakan sebagai busana kerja wanita, blazer ini juga cocok digunakan sebagai busana pada pertemuan-pertemuan formal.
  • Blazer dengan model tumpang, merupakan blazer yang banyak digunakan oleh wanita sebagai penutup busana lainnya, dan biasa banyak digunakan dalam suasana non formal.


Dalam pengaplikasiannya sendiri, masing-masing blazer akan memiliki cara tersendiri, namun pada umumnya pada penggunaan blazer ini, beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain adalah:

  • Penggunaan blazer, haruslah menggunakan baju bagian dalam, dimana dalam pemilihan baju dalam haruslah disesuaikan dan diserasikan dengan warna blazer itu sendiri.
  • Kancing kan minimal satu kancing pada bagian atas blazer tersebut, jika memang Anda menggunakan blazer dalam acara formal, agar kesan rapi dan formal dapat tetap terjaga.
  • Gunakan atasan berbahan kaos dan celana jeans, jika Anda ingin menggunakan blazer dalam suasana casual.
  • Pilihlah ukuran blazer yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda, jangan memilih blazer yang terlalu ketat, karena hal tersebut justru akan menjadikan penampilan Anda terlihat tidak rapi.


Untuk menambah kesan yang elegan pada penampilan Anda saat mengenakan blazer, Anda dapat menambahkan berbagai aksesoris dalam pengaplikasiannya seperti kalung ataupun broses. Pilihlah aksesoris yang memiliki corak dan warna yang serasi dan sepadan dengan warna blazer yang Anda kenakan. Jangan memakai aksesoris terlalu banyak dan berlebihan karena dapat menimbulkan kesan yang norak. Bagi Anda yang berhijab, blazer pun kini banyak didesain dengan model muslimah, sehingga Anda dapat mengenakannya dalam berbagai suasana formal maupun informal.

Perkembangan blazer wanita yang sungguh luar biasa ini, memang dapat memberikan pilihan tersendiri bagi seorang wanita dalam berbusana. Namun demikian, pengetahuan yang lebih dalam mengenai tatacara berbusana dan merias diri haruslah tetap dimiliki oleh seorang wanita, agar nantinya mereka dapat memilih dan mengaplikasikan busana serta riasan diri sesuai dengan situasi atau keperluan dalam berbusana tersebut.

(Image via.)


Post a Comment

Comments are welcome :)