Menikmati Bandealit, Eksotisme Kesehajaan Surga di Balik Belantara Jember*

16 Mar 2017

Bagi yang belum familier, ada tiga kemungkinan yang biasanya terlintas di benak saat mendengar nama kabupaten ini. Pertama, daerah ini akan selalu dikaitkan dengan seorang penyanyi dangdut wanita kontroversial yang bertubuh mungil itu. Kedua, figur seorang penyanyi sekaligus produser pria yang kini juga menjadi seorang anggota dewan juga tidak bisa dilepaskan dari kota kecil ini. Ketiga, bagi yang mungkin tidak terlalu menggemari urusan selebritas negeri, JFC sepertinya lebih dikenal. Peragaan busana terpanjang dan terakbar ini selalu berhasil menarik perhatian berjuta pasang mata baik nasional dan internasional.

Padahal, ada sangat banyak hal lain yang bisa dibanggakan dari Jember. Siapa sangka edamame alias kedelai Jepang itu rupanya ditanam dan diproduksi di kabupaten ini sebelum kembali diekspor? Siapa pula yang menyangka bahwa kualitas tembakau Jember juga sangat bersaing di kancah internasional, menyamai tembakau Kuba sekalipun—termasuk pula dengan cerutunya? Bahkan, satu-satunya pusat penelitian kopi dan kakao Indonesia berlokasi di Jember. Dari ujung Pulau Jawa ini biji kopi dan kakao berkualitas terbaik didistibrusikan ke seluruh nusantara dan tanah Eropa.


Kabupaten dengan Limpahan Pantai Eksotis
Pantai Papuma - Anekatempatwisata.com
Dibandingkan kabupaten tetangganya, Banyuwangi, pariwisata di Jember memang belum terlalu gencar dipromosikan. Namun meski demikian, bukan berarti kabupaten ini minim akan potensi pariwisata. Selain hasil tanah perkebunan yang sudah terakui kualitasnya di mata internasional, keindahan alam Jember juga tidak kalah bersaing.

Bagian selatan Kabupaten Jember berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Bahkan wilayah terluarnya, sebuah pulau tak berpenghuni bernama Nusa Barong, berada di kawasan laut lepas Hindia. Maka dari itu, bukan hal yang mengherankan jika Jember memiliki banyak pantai. Sebut saja Papuma, Watu Ulo, Paseban, Payangan, Bandealit, Puger, Nanggelan, dan lain-lain. Bahkan saking banyaknya, tidak seluruh pantai sudah tereksplor dan diketahui, sekalipun oleh masyarakat Jember sendiri.

Bandealit, Kecantikan yang Bersembunyi di Balik Hutan Belantara
Pantai Bandealit - Agentwisatabromo.com
Ada banyak pilihan akomodasi transportasi yang bisa Anda gunakan untuk mencapai Kota Suwar-Suwir ini. Namun apabila jarak yang ditempuh lumayan jauh, pilihan yang paling pas adalah menggunakan kereta api. Cukup banyak kereta api yang bisa mengantarkan Anda langsung ke Jember. Untuk ketersediaan dan jadwal keberangkatannya, Anda bisa mengeceknya di official partner PT. KAI ini.

Cukup berbekal selembar tiket kereta api dengan tujuan Jember, setiap jengkal keindahan kota kecil ini dapat Anda nikmati sepuasnya. Anda bisa menjelajahi pusat-pusat edu wisata, agrowisata, atau pun gugusan pantainya yang cantik. Termasuk pula Pantai Bandealit, pantai yang meski sudah amat terkenal, nyatanya masih tidak banyak dikunjungi.

Berada di selatan Jember, Pantai Bandealit sebenarnya merupakan bagian dari Taman Nasional Meru Betiri. Boleh dikatakan, pantai ini adalah pantai perawan. Tidak ada bangunan atau keramaian di sekitar pantai, air lautnya masih sangat bersih, dan sekelilingnya hanyalah hutan rimba. Anda yang menginginkan ketenangan di pantai hanya dengan kesunyian, deburan ombak, dan angin laut yang menerpa wajah, Pantai Bandealit bisa jadi destinasi yang selama ini Anda cari.

Kesehajaan Natur yang Memukau
Pantai Bandealit - Telusuriindonesia.com
Alasan mengapa masih tidak banyak orang yang mengunjungi pantai ini sekalipun keindahannya sudah tersohor adalah lantaran aksesnya yang belum cukup bersahabat. Jalan bebatuan yang menanjak tentu akan sangat berat jika dilalui dengan motor atau mobil biasa. Namun sebenarnya, rute yang membelah hutan dan perkebunan ini pernah diperbaiki dengan aspal. Sayangnya, dengan dimudahkannya akses tersebut, kasus pencurian kayu justru semakin meningkat.

Apabila Anda seorang traveler yang juga menggemari aktivitas menantang seperti offroad, perjalanan Anda kali ini tidak akan salah. Adrenalin yang meningkat akibat perjalanan menegangkan akan semakin terpacu kala mendengar deburan ombak yang memecah karang dari kejauhan. Rasa lelah karena berjam-jam berkendara akan tuntas terbayar oleh kesahajaan alam Bandealit yang memukau.

Anda bisa sekadar bersantai di bibir pantai dengan permadani pasir kocokelatannya yang bersih. Pantai yang jauh dari keriuhan ini dapat membantu Anda kembali mendapatkan ketenangan setelah hari-hari dan rutinitas yang memenatkan. Di samping itu, ombak Bandealit cukup besar. Jika Anda penggemar bodysurfing, jangan menyia-nyiakan ombak pantai bergelung dan terhempas menjadi buih begitu saja.

Tidak susah untuk mendapatkan tiket kereta api ke Jember. Berbagai situs pemesanan seperti Traveloka sangat mengakomodasi kebutuhan Anda. Untuk transportasi ke Bandealit sendiri, Anda juga tidak perlu bingung. Ada beberapa penyewaan mobil dan motor offroad yang siap memenuhi kebutuhan Anda mencapai potongan kecil surga di selatan Kabupaten Jember ini.


Dara | Bloglovin' | Instagram | Twitter | Facebook

Post a Comment

Comments are welcome :)