Manfaat Konsumsi Sambal Terasi*

31 Mar 2016

Sambal Terasi | Hola Darla
Siapa yang tidak kenal sambal terasi? Sambal terasi merupakan salah satu resep masakan tradisional yang berupa bumbu pelengkap saat makan, terkenal dan mudah ditemui di Indonesia, saat membeli pecel ayam, pecel lele, ayam penyet dll. Tidak bisa dipungkiri bahwa terasi merupakan komponen utama yang membedakan sambal ini dengan sambal tradisional lainnya di Indonesia. Terasi adalah hasil awetan dari ikan atau udang rebon yang diolah melalui fermentasi (penggilingan dan penjemuran yang berlangsung lama) dengan bentuk padat dan memiliki aroma tajam yang gurih. Bukan hanya terasi komponen-komponen lain yang membentuk sambal ini adalah: cabe merah, cabe rawit, tomat, gula dan jeruk limau. Cita rasa yang khas dari terasi dan sensasi pedas dari cabe merah dan cabe rawit membuat penikmat kuliner jadi ketagihan, namun selain rasanya yang lezat, ternyata sambal ini juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat masing-masing bahan-bahannya:

Cabe merah
Cabe merah mengandung vitamin A dan C, dehidrokapsaisin, carotene serta beberapa zat lainnya, yang berfungsi untuk mengobati beberapa penyakit: mengobati rheumatic, luka dan bisul serta meringankan rasa sakit kepala, mengandung antioksidan dan juga berperan dalam menghambat penuaan.

Cabe rawit
Cabe rawit juga mengandung banyak vitamin, seperti vit A, B6 dan vit C dan betakaroten. Dimana kandungan tersebut berkhasiat untuk: mempercepat metabolisme tubuh, membantu pertumbuhan rambut, menjaga kesehatan jantung dan membantu menurunkan berat badan serta mencegah masalah tekanan darah tinggi dan terakhir berfungsi menyembuhkan kanker.

Terasi udang
Mengandung jumlah protein yang banyak sehingga berfungsi bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia serta membantu pembentukan sel-sel jaringan baru dalam tubuh. Disamping itu bahan sambal terasi yang satu ini juga mengandung fosfor dan kalsium yang tinggi sehingga bermanfaat bagi pertumbuhan tulang dan mencegah osteoporosis.

Tomat
Buah tomat mengandung vit A dan C serta K, kalium, folat, vit B6 magnesium fosfor dan tembaga, dimana konsumsi buah tomat ini dapat menyehatkan sistem pencernaan, melindungi wajah dan kulit, memperkuat tulang serta pencegah diabetes secara alami dan pastinya menjaga kesehatan mata.

Gula
Gula merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh manusia sehingga gula dianggap sebagai pembangkit energi instan dan berguna untuk meningkatkan fungsi otak, disamping itu konsumsi gula pada kadar yang cukup akan menyembuhkan seseorang dari perasaan depresi.

Jeruk limau
Kandungan vitamin C dalam jeruk limau berfungsi sebagai antioksidan yang diyakini bisa melawan penyakit-penyakit berbahaya seperti jantung, stroke dan kanker. Disamping itu juga bermanfaat bagi orang-orang yang berniat untuk menurunkan berat badan, karena bagus untuk pencernaan kandungan jeruk limau berguna untuk mengatasi masalah sembelit serta mengatur kembali gerakan usus dan menyembuhkan luka-luka yang berhubungan dengan sembelit.

Dari semua komponen tersebut diolah menjadi sambal yang mengandung kira-kira 147 kalori, 30 gr protein, 3.5 g lemak, 3.5 g karbohidrat dan kalsium sebanyak 100 mg serta fosfor 250 gr. Berdasarkan kandungan tersebut bisa dilihat bahwa unsur kalsium yang tinggi sebanyak 100 mg dapat menjaga kesehatan tulang bagi yang mengkonsumsinya, bukan hanya itu kandungan protein sebanyak 30 gr juga membantu pembentukan sel-sel baru di dalam tubuh. Selain baik untuk tulang konsumsi makanan kaya kalsium seperti dapat membantu kadar kolesterol dalam darah.

Itulah manfaat konsumsi sambal terasi bagi kesehatan. Tidak hanya lezat dan murah, ternyata sambal juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan lho! Karena itu, cintailah kuliner tradisional milik bangsa sendiri. Semoga postingan ini bermanfaat. Baca juga berbagai resep masakan tradisional dan modern di resep masakan terbaru :)

Image adapted from here.


Dara | Bloglovin' | Instagram | Twitter | Facebook

Post a Comment

Comments are welcome :)